touch screen HMI

Apa itu Touch Screen HMI?

Touch Screen HMI – Human Machine Interface (HMI) merupakan sebuah sistem yang hubungan antara teknologi mesin dan manusia. Sistem HMI sudah cukup populer di industri. Umumnya, HMI baik komputer dengan tampilan pada LCD/CRT di mana kita bisa melihat seluruh sistem layar.

COMPLETE GUIDE TO OPEN PRIMARY PLC OMRON

Sama seperti komputer, HMI biasanya dilengkapi dengan keyboard dan mouse dan juga bisa menjadi layar sentuh. Tujuan dari HMI adalah untuk meningkatkan interaksi antara mesin dan operator melalui tampilan layar komputer serta memenuhi kebutuhan pengguna sistem informasi sedang berlangsung.

Ada banyak cara untuk membuat tampilan HMI sebagai dengan aplikasi Visual Studio dengan Hardware Touch Screen Panel. HMI akan memberikan gambaran dari mesin dalam bentuk video, grafis, lampu dan lain-lain. Dimana pada layar operator dapat melihat parameter sistem yang sedang beroperasi.

Baca Juga : Touchscreen Hp tidak berfungsi? Begini Cara Mengatasinya!

Apa HMI di Dunia Industri ?

HMI di industri dalam bentuk tampilan layar komputer yang akan dihadapi oleh pengguna yang ingin mendapatkan kerja mesin data dan operator mesin. Dalam penerapannya dalam Touch Screen industri HMI Panel lebih sering digunakan, untuk kemudahan pemrograman dan daya tahan dalam industri lingkungan kerja. Gambar di bawah menunjukkan contoh HMI yang umum digunakan dalam industri.

Dalam HMI pengendali mesin visualisasi dalam bentuk tombol, slider dan sebagainya yang dapat digunakan untuk kontrol atau kontrol mesin. Selain HMI juga ditampilkan alarm dalam keadaan darurat dalam sistem. Berikut fungsi lain dari HMI:

Mengawasi, di mana kita dapa memantau kondisi tanaman secara real time tanpa perlu keluar dari ruang kontrol.
Pengaturan (berdasarkan tingkat keamanan) di mana kita dapat mengubah pengaturan misalnya pengaturan alarm untuk prioritas tinggi dan prioritas rendah.
Alarm, Alarm Sejarah dan Ringkasan disediakan. Sehingga nantinya kita dapat memilih aa alarm aktif dan bisa mendapatkan alasan mengapa pesan sistem atau mengalami perjalanan tiba-tiba atau mati.
Menunjukkan grafik dari sebuah proses, seperti suhu dari sistem yang bersangkutan.
Banyak merek perusahaan otomatisasi yang memproduksi HMI Touch Screen Panel seperti Omron, Mitsubishi, Keyence, Siemens, dan lain-lain di mana perangkat lunak khusus yang diperlukan untuk program pengisian. HMI umumnya dipasangkan dengan PLC, bagaimanapun, keduanya tidak selalu harus berasal dari merek yang sama asalkan memiliki jenis yang sama dari komunikasi. Komunikasi serial adalah standar komunikasi yang dimiliki oleh HMI untuk bekerja sama dengan PLC.

touch screen HMI

Gambar di atas menunjukkan HMI deprogram dapat berkomunikasi dengan PLC dengan kabel serial RS 232 dan menggunakan PC melalui kabel USB. Yang perlu diperhatikan adalah pengaturan komunikasi serial antara dua komponen. HMI dapat mengakses alamat bit dalam PLC bekerja sebagai kunci atau tampilan lampu. HMI dapat mengakses data dalam memori PLC, sehingga data dapat ditampilkan ke dalam grafik, meter tingkat dan lain-lain.

Lihat Juga : Touch Screen Capacitive dan Resistive

Demikian penjelasan dari HMI sebagai perannya dalam dunia industri. Pembahasan mengenai operasi lebih lanjut dan pemrograman HMI akan dibahas dalam artikel mendatang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top